Demo Blog

HASIL PENELITIAN LOKASI KERATON KESULTANAN DEMAK

by Manazati on Nov.22, 2009, under , , , , , , , , ,


Foto: 'Jantung Kota Wali_Demak' (Doc_pribadi,2008)

Sebagai kerajaan Islam pertama di tanah Jawa, Demak tak hanya menjadi romantisme sejarah dari peralihan peradaban Hindu-Jawa ke Islam, tapi juga sebagai bukti sejarah tentang pergulatan politik di tengah islamisasi masyarakat pada masanya. Itu semua, berdasarkan dokumen-dokumen sejarah, tak ada yang bisa memungkiri. Tetapi, di mana sebenarnya lokasi keraton kerajaan yang didirikan oleh Raden Patah itu?

Banyak penelitian dilakukan, namun belum juga berhasil mengungkap di mana letak keraton kerajaan pesisir utara Jawa itu. Berikut ini saya kutipkan beberapa hasil penelitian:

HASIL PENELITIAN IAIN WALISANGA [1975]

Kemungkinan Pertama: Bekas Keraton Kesultanan Demak itu tidak ada. Kemungkinan ini disimpulkan dari keterangan bahwa Raden Patah mulai menyebarkan Islam di Demak semata-mata untuk kepentingan Islam. Pendirian Masjid Agung Demak yang dilakukan bersama para Wali songo merupakan simbol Kesultanan Demak. Sedangkan kediaman Raden Patah bukan berupa istana megah, melainkan rumah biasa yang diperkirakan berletak di sekitar stasiun kereta api sekarang.

Kemungkinan Kedua: Mengingat letak masjid pada umumnya tak terlampau jauh dari istana, letak Keraton Demak diperkirakan berada di tempat yang sekarang berdiri Lembaga Pemasyarakatan, yakni di sebelah timur alun-alun. Kemungkinan ini didasarkan pada nama-nama perkampungan yang diduga memiliki latar belakang historis seperti Setinggi (Sitihinggil), Betengan, Pungkuran, Sampangan, dan Jogoloyo.

Kemungkinan Ketiga: Letak Istana Demak berhadapan dengan Masjid Agung, menyeberangi sungai, ditandai adanya dua pohon pinang

HASIL PENELITIAN FAKULTAS SASTRA UNDIP [994-1995]

Tim peneliti dari Fakults Sastra Undip tahun 1994-1995 menyimpulkan bahwa lokasi Keraton Demak berada di dekat Masjid Agung dan alun-alun. Ditinjau dari segala aspek, baik secara historis, kultural, ekologis, politis, dan ekonomis, Keraton Demak paling relevan berada di sebelah selatan [bagian timur] alun-alun, menghadap ke utara, pada lokasi yang oleh masyarakat setempat disebut Setinggil.

HASIL PENELITIAN TIM PENCARIAN PUSAT DAN TATA LETAK PEMERINTAHAN KERAJAAN ISLAM DEMAK [Dipimpin Ir Sudjadi]

Tak ada satu pun buku, literatur, legenda, maupun babad yang menyingung perihal fisik Keraton Demak. Berdasarkan hasil tes geolistrik, yakni pemetaan wilayah menggunakan foto udara, juga hasil diskusi para peneliti, disimpulkan bahwa Keraton Kesultanan Demak berada di sekitar Masjid Agung yang sekarang berdiri Kantor Kejaksaan Negeri. Di lokasi ini pernah ditemukan juga keramik-keramik dari masa Kesultanan Demak.


Foto: 'Makam Kanjeng Sultan Fatah Demak' (Doc_pribadi,2008)


Sumber: dikutip dari artikel Djoko Yuwono (facebook)

http://tourism.pramesthi.com/index.php/history/4497/18-dimana-sih-lokasi-keraton-kesultanan-demak
1 komentar more...

1 komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Yuk, Bisnis PULSA... Daftar GRATIS disini:

Daftarkan BLOG anda disini:

Adsense Indonesia

Karna 'TAK KENAL MAKA TAK SAYANG' kiranya perlu saya mengenal anda. Silakan masukkan Email Anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Ada kesalahan di dalam gadget ini

mBah Goggle Search

Google Books